Cara Menggunakan Rumus Microsoft Excel

Penggunaan Rumus Microsoft Excel – Microsoft merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perangkat lunak komputer dan gadget. Salah satu program yang ada pada microsoft adalah microsoft office yang di dalamnya masih terdapat banyak jenis program seperti microsoft word, microsoft excel, microsoft power point dan lain-lain. Secara umum program ini difungsikan sebagai media dalam pembuatan dokumen. Dalam microsoft exel itu sendiri di dalamnya terdapat kumpulan rumah microsoft exel yang berfungsi untuk memudahkan kita dalam pembuatan dokumen terkait dengan hitung-hitungan, namun cara penggunaan rumus micosoft exel masih banyak yang belum tahu.

Dari sekumpulan program yang ada pada microsoft, satu diantaranya akan menjadi tema bahasan dalam artikel ini. Bahasan yang akan kami kedepankan adalah mengenai program microsoft office excel. Microsoft office excel merupakan spesialisasi dalam hal input data yang berjenis formula atau rumus-rumus dari lembaran kerja yang dimuat. Setiap penggunaannya akan memberikan kemudahan dalam pembuatan laporan yang bersifat detail. Sehingga tak heran bila banyak laopran pekerjaan disuguhkan dalam format berkas microsoft excel karena memang olah data dan hitungan matematisnya dapat diinput secara variatif.

Tentunya pengguna microsoft excel yang akan memuat laporan kerja dengan menggunakan aplikasi ini harus mengetahui terlebih dahulu tombol perintah dari keyborad sebagai input device sebagai penyalur perintah dalam aplikasi excel sehingga dapat ditampilkan di laman kerja yang dimuat. Oleh karenaya aplikasi yang khusus menangani data-data yang bersifat numerk ini tidak akan optimal difungsikan bila penggunanya tidak memahami fungsi input device-nya. Berikut adalah beberapa fungsi ikon yang ada pada microsoft excel.

Baca juga :

Kumpulan Rumus Microsoft Exel Lengkap dan Fungsinya

  • Plus (+), difungsikan pada saat melakukan hitungan penjumlahan.
  • Minus (-), difungsikan pada saat melakukan hitungan pengurangan.
  • Bintang (*), difungsikan pada saat melakukan hitungan perkalian.
  • Garing miring (/), difungsikan pada saat melakukan hitungan pembagian.
  • Caret (^), difungsikan dalam hitungan pangkat.
  • Persen (&), difungsikan dalam hitungan prosentase.

Selanjutnya beralih ke bagian praktek penggunaan rumus standar dalam microsoft excel. Misalkan anda telah membuat tabel data nilai ujian siswa di mana kolom nilainya terbagi ke dalam dua bagian yaitu nilai UTS dan Nilai UAS. Sementara anda bermaksud melakukan penjumlahan pada kedua hasil nilai tersebut sehingga muncul berapa hasil akhirnya. Maka langkah yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan rumus excel dengan mengklik cell hasil akhir lalu mengisikan perintah penjumlahan melalui input rumus excel yang telah ditentukan sehingga muncul hasil akhirnya. Begitupun dalam melakukan hitungan pengurangan melalui excel. Lebih jelasnya anda dapat menyimak penjelasan rumus excel berikut ini.

Rumus Hitungan Excel

  • SUM

SUM merupakan kode atau rumus excel dalam hal hitungan penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian. Contoh perintah yang dapat anda masukkan adalah seperti =SUM(B2+C2) untuk penjumlahan, =SUM(B2-C2) untuk pengurangan, =SUM(B2*C2) untuk perkalian, dan =SUM(B2/C2) untuk pembagian, lalu tekan enter. Secara otomatis akan muncul hasil akhir dari penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian dari cell B2 dan cell C2.

  • SUBTOTAL

Bila hendak mencari hasil rata-rata nilai, kalkulasi data argumen, nilai tertinggi, dan nilai terrendah, maka rumus excel yang digunakan adalah SUBTOTAL. Langkahnya hampir sama seperti SUM yaitu memasukan rumus SUBTOTAL seperti =SUBTOTAL(funtion_num;ref1;ref2) lalu tekan enter. Secara otomatis hasil akhir “function_num” dari setiap cell yang ditentukan akan muncul.

Function_num adalah fungsi nomor yang tertera saat akan melakukan hitungan hasil rata-rata nilai, kalkulasi data argumen, nilai tertinggi, dan nilai terrendah. Kode angkanya kurang lebih seperti berikut ini.

  1. AVERAGE (mencari rata-rata)
  2. COUNT (mencari kalkulasi data argumen)
  3. MAX (mencari nilai tertinggi)
  4. MIN (mencari nilai terrendah)

Selain rumus excel yang bersifat hitungan numerik dan statistik seperti yang sudah dijelaskan di atas, terdapat juga rumus excel berupa rumus logika (logical) seperti IF, OR dan END. Itulah cara mudah menggunakan rumus Ms Exel, selamat mencoba dan terima kasih

Cara Menggunakan Rumus Microsoft Excel | ali sukses | 4.5